Senin, 17 Februari 2014

Pemerintah serius kembangkan SDA Indonesia bagian timur


Pemerintah serius kembangkan SDA Indonesia bagian timur

Sindonews.com - Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo menegaskan, pemerintah berkomitmen mengembangkan potensi sumber daya alam yang berada di Indonesia bagian timur, termasuk juga meningkatkan kemampuan dan keterampilan masyarakat di kawasan tersebut.


Susilo mengatakan, Indonesia memiliki sumber daya alam energi yang melimpah di Indonesia timur seperti mineral, migas serta energi terbarukan. Potensi ini akan terus dikembangkan dan untuk itu, pemerintah juga menyiapkan pendanaannya.

“Pemerintah fokus kembangkan Indonesia timur. Banyak tender (wilayah kerja) di sana. Silakan datang ke kami,” ujar Susilo dikutip dari situs resmi ESDM, Jumat (17/1/20
14).

Pemerintah juga berkeinginan agar kawasan Indonesia timur yang masih terbelakang dapat terbuka atau mulai dikembangkan. Untuk migas, pemerintah menjalin kerja sama dengan Papua New Guinea untuk mengembangkan migas di wilayah perbatasan kedua negara.

Sementara terkait dengan masyarakat, pemerintah mendukung dilakukannya peningkatan kemampuan sumber daya manusia melalui training atau kegiatan lainnya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Salah satu proyek migas yang besar di Indonesia bagian Timur adalah proyek Gas Tangguh Train III dengan nilai investasi sekitar USD12 miliar. Pembangunan proyek ini bertujuan untuk meningkatkan alokasi gas untuk kebutuhan domestik.

Berdasarkan data Ditjen Migas, total cekungan yang berlokasi di Indonesia bagian Timur berjumlah 39 cekungan. Cekungan yang telah beroperasi adalah Seram, Salawati, Bintuni dan Bone.

(gpr)

sumber :http://ekbis.sindonews.com/

0 komentar:

Posting Komentar