Minggu, 19 April 2015

Grafika Specta Performance


Selamat ulang tahun SMK Negeri  4 Malang, selamat hari jadi teruntuk sekolah tercinta. Tempat dimana sebuah kedisiplinan menjadi hal yang paling utama. Tempat dimana sekolah bukan lagi menjadi ladang ilmu, tetapi telah menjelma menjadi sumber pengetahuan. Yang mana dapat kita timba sesuka hati, tanpa sarat.
Sekolah yang telah berdiri sejak jama Belanda ini tentunya telah berusia puluhan tahun. Terpercaya ?? Sudah pasti. Berkualitas ?? Barang tentu. Telah mencetak ribuan alumnus dari berbagai latar belakang, menjadi sesuatu yang baru. Sekolah yang dulunya bernama STM Grafika ini mampu mengantarkan didikannya menuju sebuah gerbang yang bernama kesuksesan.
Inilah satu-satunya sekolah yang mengusung loyalitas dan dedikasi yang tinggi sebagai fondasi dari dasar sebuah sikap. Bentukan mental baja berdindingkan kesetiaan seakan telah mendarah daginng dalam lubuk mereka. Maka tak heran jika kesiapan mereka terjun ke msayarakat sangat dinantikan keberadaannya.
Kini diusianya yang ke 77 tahun, Sekolah yang berdiri tepatnya pada tanggal 7 April 1937 ini telah semakin menua. Namun justru dengan ketuaan usianya inilah ia mampu semakin melebarkan sayapnya, terbang lebih tinggi menuju puncak karier dan akhirnya bertengger di sana menikmati masa-masa tuanya.
Tua-Tua Keladi, semakin tua semakin menjadi, mungkin sebutan ini memang yang paling cocok untuk HUT SMK Negeri 4 Malang tahun ini. Bagaimana tidak ?? Untuk merayakannya saja, pihak sekolah telah menyiapkan sebuah perhelatan akbar yang sangat meriah. Bahkan bisa dikatakan mewah.

Sebut saja dengan GSP, Grafika Spekta Performance, acara tahunan yang selalu menjadi agenda utama sekolah ini menciptakan suasana baru dalam lingkup pendidikan di Grafika ini. Tidak hanya namanya saja yang spektakuler, tetapi pada hakikatnya penerapannya juga sangat luar biasa spektakuler. Semua warga sekolah, mulai dari siswa, guru, karyawan, pegawai, hingga pekerja pun turur serta meramaikan hari jadi sekolah tercinta kita ini.
Dengan mengusung tema The World is Ours, seluruh peserta sangat bersemangat beraksi saling menonjolkan kebisaannya dalam mengeksplor tema. Terdiri dari Haloween, Nusantara, dan Profesi semuanya total dalam beraksi. Bahkan tak jarang beberapa kelas juga menyediakan Benner, maskot, hingga ogoh-ogoh untuk menarik perhatian khalayak ramai.
Juga terdapat berbagai macam lomba-lomba yang sangat menarik, yakni lomba kirab budaya dan lomba menghias tumpeng. Lomba kirab budaya, ya seluruh siswa diwajibkan untuk mengikuti parade gerak jalan mengitari arela sekolah. Guna terjun langsung ke masyarakat menunjukkan bahwa SMK Negeri 4 Malang sedang mempunyai hajat besar, yakni ulang tahun sekolah.
Sedangkan lomba menghias tumpeng, seluruh kelas wajib mengirimkan 3 delegasinya untuk menghias tumpeng untuk HUT sekolah kali ini. Serta yang paling seru adalah saat mereka-mereka mengirimkan foto selfie mereka dan mengirimkannya ke media sosial Twitter di @osis_grafika dengan hashtag #HBDGrafika77th.
Tidak hanya itu, setiap kelas juga akan membawa balon dengan warna jurusan masing-masing. Yang nantinya akan diterbangkan langsung oleh Bapak Drs. H. Wadib Suudi, MM selaku kepala sekolah. Seiring dengan terbangnya balon tersebut, terselip berbagai macam doa dan harapan sekolah. Yang nantinya akan dibawanya ke angkasa, semakin tinggi, tinggi, dan tinggi lagi. Juga sebagai penggambaran bahwa semakin tua usianya, semakin besar prestasinya, dan semakin tinggi pula kualitasnya. Dan sebagai pengharapan bahwa kegagalan dihari kemarin terlah terbawa pergi tertiup oleh angin, dan tidak akan kembali lagi. Karena meraka akan dijadikan suatu pembelajaran yanga teramat terharga terlebih kepada kita semua, Amien.
Dalam agen GSP kali ini juga terdapat sesi pentas seni, yang mana seluruh arga sekolah dapat menyalurkan aspirasi mereka di sini. Inilah lokasinya, tempat yang tepat untuk berkarya. Ternyata SMK Negeri 4 Malang tidak hanya berprestasi dalam bidang akademik, tetapi lebih dari itu prestadi non akademiknya juga sangat luar biasa. Terbukti dengan tampilnya beberapa aksi dari para siswa yang mampu menunjukkan kebolehannya dalam berseni.
Semuanya ada di GSP, mulai dari tari tradisional, dance, musik, karatiwan, silat, hingga beatbox pun ada di sini. Inilah hari bagi para siwa-siswanya. Ajang untuk beradu kekreatifitasan antar pelajar, yang mana sangat berguna untuk memacu kesadaran pada diri sendiri kedepannya nanti.
Semoga dengan semakin bertambahnya usia, semakain dimatangkan SMK Negeri 4 Malang, semakin jaya, semakin luar biasa, semakin spektakuler, dan diberkahi. Ditunggu untuk acara-acaranya yang selanjutnya J

Oleh : SAM98 (Minggu, 19 April 2015)

0 komentar:

Posting Komentar