Minggu, 07 September 2014

Berbagai Jenis Kabel dan Fungsinya


Ada berbagai jenis kabel beserta fungsinya, namun diantara kita masih belum mengenal lebih dalam tentang apa dan seperti apa kabel itu yang sebenarnya. lantas, kita cenderung teledor dengan menggunakan secara sembarangan kable-kabel tersebut.
maka, berikut akan saya tampilkan gambar-gambar contoh kabel yang ada di lingkungan terdekat saya saat ini. yaitu, SMK Negeri 4 Malang. Dunia Grafika, dengan atmosfer Dharma Satya Paramartha...
kabel di beranda kelas

 kabel di salah satu ruang kelas
 kabel LAN yang terdapat di dalam setiap kelas



 Kabel di dalam kelas



 Kabel di ruang tata usaha
 kabel di ruang FO
 kabel di ruang depan
 gambar di depan ruang kepala sekolah
 kabel di dalam ruang guru
 kabel di sekitar ruang animasi
 Kabel di ruang guru
 kabel di atas koperasi siswa
 untaian kabel di areal sekita sekolah
 kabel di sekitar tangga
 kabel di depan musholah

kabel UTP untuk KBM
Apa yang anda ketahui tentang kabel listrik? Sebagai besar kita tahu bawah kabel merupakan sarana untuk menghantarkan listrik. Sebenarnya apabila kita jeli, terdapat jenis-jenis kabel listrik yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Perbedaan ukuran kabel juga memiliki fungsi yang berbeda. Sebuah kabel listrik terdiri dari isolator dan konduktor. Isolator di sini adalah bahan pembungkus kabel yang biasanya terbuat dari bahan thermoplastic atau karet. sedangkan konduktornya terbuat dari bahan tembaga ataupun aluminium. Berikut terdapat beberapa jenis dan fungsi kabel listrik yangs sering digunakan:


1.     Kabel Fiber Optik
Serat optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED[1]. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer. Cahaya yang ada di dalam serat optik tidak keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara, karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.
Perkembangan teknologi serat optik saat ini, telah dapat menghasilkan pelemahan (attenuation) kurang dari 20 decibels (dB)/km. Dengan lebar jalur (bandwidth) yang besar sehingga kemampuan dalam mentransmisikan data menjadi lebih banyak dan cepat dibandingan dengan penggunaan kabel konvensional. Dengan demikian serat optik sangat cocok digunakan terutama dalam aplikasi sistem telekomunikasi[2]. Pada prinsipnya serat optik memantulkan dan membiaskan sejumlah cahaya yang merambat didalamnya.
Efisiensi dari serat optik ditentukan oleh kemurnian dari bahan penyusun gelas/kaca. Semakin murni bahan gelas, semakin sedikit cahaya yang diserap oleh serat optik.
2.     Kabel Coaxial
Kabel sepaksi/sesumbu (bahasa Inggriscoaxial cable) adalah sarana penyalur atau pengalirhantar (transmitter) yang bertugas menyalurkan setiap informasi yang telah diubah menjadi sinyalsinyal listrik. Kabel ini memiliki kemampuan yang besar dalam menyalurkan bidang frekuensi yang lebar, sehingga sanggup mengalirhantar (transmit) kelompok kanalfrekuensi percakapan atau program televisi. Kabel sepaksi biasanya digunakan untuk saluran antar-setempat (interlocal) yang berjarak cukup dekat yakni, dengan jarak selebihnya 2.000 km.
3.     Kabel UTP
Kabel pasangan berpilin/berbelit (bahasa Inggristwisted pair cable) adalah sebuah bentuk kabel yang dua konduktornya digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan gangguan elektromagnetik dari luar seperti radiasi elektromagnetik dari kabel pasangan berbelit tak terlindung (UTP cables), dan wicara silang (crosstalk) di antara pasangan kabel yang berdekatan.
4.     Kabel FTP
Twisted pair adalah jenis kabel di mana dua konduktor dari sirkuit tunggal memutar bersama-sama untuk tujuan membatalkan interferensi elektromagnetik (EMI) dari sumber eksternal; misalnya, radiasi elektromagnetik dari unshielded twisted pair (UTP) kabel, dan crosstalk antara pasangan tetangga. Hal ini ditemukan oleh Alexander Graham Bell.

sumber : http://en.wikipedia.org/

Sekilas beberapa jenis kabel listrik dan fungsinya yang sering kita jumpai. Pilihlah kabel yang sesuai dengan kebutuhan Anda jangan sampai pemilihan kabel listrik yang salah dapat membahayakan Anda.

demikian adalah sekelumit ulasa yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.saya berharap bahwa informasi ini bukan sekedar informasi. bukan sekedar sekilas baca saja, tapi dapat Anda terap kan dalam kehidupan sehari-hari Anda. serta akan lebih baik jika infomasi penting ini dapat Anda bagikan kepada orang lain. maka dengan cara ini, saya yakin kita akan semain meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan listrik.

0 komentar:

Posting Komentar